Dampak Masalah Sosial

Posted on

Dampak Masalah Sosial – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Dampak Masalah Sosial yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dalam sosiologi, fenomena sosial disebut masalah sosial. Masalah sosial terjadi karena unsur-unsur dalam masyarakat yang tidak berfungsi secara normal, yang menyebabkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Pada akhirnya, masalah sosial berarti bahwa sesuatu yang terjadi dalam kehidupan nyata tidak berjalan seperti yang diharapkan dalam kehidupan sosial.

Apa Itu Masalah Sosial ?

Pada dasarnya masalah dalam masyarakat timbul karena adanya hubungan timbal balik yang terjadi akibat proses interaksi sosial. Seperti yang telah kita lihat, interaksi sosial dibagi menjadi dua bidang, interaksi sosial asosiatif dan disosiatif.

Interaksi Sosial asosiatif dapat menyebabkan gejala sosial normal, sehingga hasilnya dalam kehidupan sosial menjadi teratur. Sementara interaksi sosial bersifat disosiatif, tidak dapat menghasilkan gejala sosial yang normal (patologis) yang mengarah ke gangguan sosial (disintegrasi).

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Masalah Sosial

Singkatnya, sosiolog melihat definisi yang berbeda dari masalah sosial, termasuk:

Soetomo
Masalah sosial adalah kondisi kehidupan yang tidak diinginkan bagi sebagian besar warga.

Soejono Soekamto
Masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur budaya atau masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial

Martin S. Weinberg
Menurut Martin, masalah sosial berarti sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial yang berkembang dalam masyarakat yang cukup signifikan (signifikan), dan oleh karena itu masyarakat setuju untuk mengambil tindakan untuk mengubah situasi.

Lesli
Lesli berpendapat bahwa masalah sosial adalah kondisi yang memiliki dampak yang tidak diinginkan pada kehidupan sosial, sehingga diperlukan tindakan untuk mengatasinya.

Baca Juga :   Soal Matematika Kelas 7

Arnold Rose
Berargumen bahwa masalah sosial adalah situasi yang mempengaruhi mayoritas umat paroki, sehingga mereka yakin bahwa situasi tersebut menyebabkan masalah bagi mereka dan situasi dapat diubah.

Hal – Hal Yang Menyebabkan Masalah Sosial

Masalah sosial adalah suatu kondisi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, karena masalah sosial adalah efek dari interaksi sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup. Gejala dapat disebut masalah sosial jika:

  • Penyebab masalah sosial adalah gejala sosial di masyarakat
  • Perhatian masyarakat dan masalah sosial
  • Sistem nilai dan peningkatan masalah sosial
  • Keberadaan pihak-pihak yang menerapkan fenomena sosial tergantung pada karakteristik masyarakat
  • Masalah sosial nyata (masalah sosial nyata) dan masalah sosial tersembunyi (masalah sosial laten)
  • Sistem nilai dan peningkatan masalah sosial

Karena masalah sosial yang ada di tengah kehidupan sosial sangat berbeda, menurut Raab dan Selznick, harus dinyatakan bahwa masalah sosial ini harus memenuhi dua elemen berikut sehingga dapat dikatakan bahwa itu adalah masalah sosial, yaitu:

  • Organisasi sosial yang ada tidak dapat mengatur hubungan antar warga untuk menghadapi ancaman yang datang dari luar
  • Hubungan antara penghuni menghalangi tujuan penting sebagian besar warga

Ciri – Ciri Masalah Sosial

Rasakan banyak orang
Suatu masalah bisa disebut masalah sosial ketika dirasakan oleh banyak orang. Namun, tidak ada batasan pasti untuk jumlah orang yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, jika efek dari masalah tersebut dirasakan oleh dua orang atau lebih (bukan hanya satu orang), itu juga dapat dianggap sebagai masalah sosial.

Kondisi yang tidak menyenangkan
Evaluasi masalah oleh masyarakat sangat penting, apakah itu masalah sosial atau bukan. Namun, masalah sosial adalah kondisi yang tidak diinginkan yang terjadi di sebagian besar masyarakat

Kondisi yang perlu diselesaikan
Kondisi yang tidak menyenangkan harus selalu membutuhkan solusi dari komunitas itu sendiri. Pertama, komunitas akan memecahkan masalah jika masalah tersebut dianggap diselesaikan. Contoh negara miskin yang dulu dianggap wajar dan karenanya tidak memerlukan solusi. Namun, kemiskinan saat ini adalah salah satu masalah sosial yang perlu diselesaikan atau diatasi.

Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 5

Pemecahan masalah harus kolektif (total)
Masalah yang membutuhkan solusi komprehensif dan melibatkan banyak orang bisa disebut masalah sosial. Solusinya dapat berupa tindakan sosial, perencanaan sosial dan kebijakan sosial.

Faktor Pemicu Adanya Masalah Sosial

Faktor Pemicu Adanya Masalah Sosial
Faktor Pemicu Adanya Masalah Sosial

Karena perubahan sosial
Masalah sosial dapat muncul ketika kehidupan orang berubah secara sosial. Perubahan-perubahan ini dapat berupa perubahan demografis (pertumbuhan populasi atau penurunan populasi), perubahan lingkungan (lingkungan) dan perubahan budaya (adat dan budaya).

Karena perkembangan sosial
Pembangunan sosial sebenarnya sedang dilakukan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Namun, jika pembangunan ini tidak sesuai dengan rencana yang dirancang dengan baik, itu akan menimbulkan masalah sosial bagi orang-orang yang menjadi target pembangunan.

Wujud Nyata Permasalahan Sosial

Kemiskinan
Kemiskinan baru-baru ini menjadi masalah sosial karena masyarakat modern melihat orang miskin sebagai kasta atau kelompok yang membawa masalah ke dalam kehidupan mereka. Karena itu, mereka harus merumuskan langkah-langkah strategis untuk mengatasi kemiskinan.

Pengangguran
Karena globalisasi yang cepat di sektor ekonomi dan teknologi, pebisnis tidak membutuhkan lebih banyak orang daripada pekerja. Anda hanya perlu menggunakan mesin canggih untuk melakukan tugas ini. Selain meminimalkan upaya untuk gaji karyawan, penggunaan mesin juga meningkatkan kuantitasnya (kuantitas produksi). Akhirnya, ada pengangguran yang dapat menyebabkan ketimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Kejahatan
Faktanya, kemiskinan dan pengangguran adalah dua dari banyak faktor yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan kejahatan sehingga mereka dapat bertahan hidup. Kejahatan dapat memiliki dampak yang signifikan dan menyebabkan masalah sosial.

Kepadatan penduduk
Negara Indonesia, misalnya, saat ini memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Populasi yang padat dapat menyebabkan peningkatan pengangguran, kemiskinan dan akhirnya masalah sosial

Lingkungan
Lingkungan yang bersih dan nyaman adalah keinginan semua orang. Baru-baru ini, perilaku manusia yang tidak peduli dengan kesehatan lingkungan, menyebabkan pencemaran yang pada akhirnya menyebabkan penyakit yang mempengaruhi banyak orang.

Baca Juga :   Warna dalam Bahasa Arab

Dampak Akibat Masalah Sosial

Dampak Akibat Masalah Sosial

Munculnya berbagai masalah sosial dalam kehidupan sosial, seperti contoh-contoh masalah sosial yang disebutkan di atas, dapat memengaruhi banyak komunitas. Efeknya bisa positif atau negatif.

Berikut adalah efek negatifnya, yaitu:
Munculnya ketimpangan sosial
Terjadinya perilaku menyimpang
Peningkatan pengangguran
Munculnya perpecahan antara komunitas
Tingkat kejahatan meningkat

Mengatasi Permasalahan Sosial

Untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia, langkah-langkah diperlukan untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah contoh cara mengendalikan masalah sosial:

Tekanan sosial

Paradigma atau pandangan seseorang dengan ekonomi rendah tentu berbeda dari perspektif seseorang dengan ekonomi tinggi. Sebagai contoh, seorang petani akan berpendapat bahwa sejumlah besar pupuk harus tetap tersedia bagi petani, tetapi itu benar-benar akan mempengaruhi harga jual yang lebih rendah. Karena itu, tekanan yang diterapkan sangat berguna untuk menyelesaikan masalah sosial tersebut.

Sosialisasi

Jika seseorang ingin bekerja secara efisien dan selaras dengan tujuan hidup mereka, harus ada fitur yang mendorong mereka untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tindakan yang akan diambil dalam kehidupan kelompok. Untuk mengatasinya, orang yang tahu lebih banyak tentang mereka membutuhkan sosialisasi sehingga mereka dapat melakukan perannya sesuai dengan harapan.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Dampak Masalah Sosial. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Dampak Masalah Sosial Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar