Pengertian Kehamilan

Posted on

Pengertian Kehamilan – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kehamilan yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Kehamilan adalah proses alami pada manusia dan, dengan pengecualian pada keadaan tertentu, bukan proses patologis. Kehamilan mulai dari pembuahan hingga kelahiran janin. Durasi kehamilan biasanya 280 hari atau 40 minggu atau 9 bulan dan 10 hari.

Apa Itu Kehamilan ?

Kehamilan adalah serangkaian proses yang dialami oleh wanita yang mulai mengalami sel telur dan sperma di ovarium (wanita), kemudian pembentukan zigot, perlekatan atau perlekatan pada dinding rahim, pembentukan plasenta serta pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi hingga cukup waktu (aterm).

Kehamilan dibagi menjadi tiga fase, yaitu kuartal pertama di mana para Ibu Hamil di bulan pertama sampai ketiga, kuartal kedua di mana bulan keempat sampai bulan keenam hamil, dan kuartal ketiga, yang merupakan ketujuh hingga ketujuh. meliputi bulan kesembilan. Selama kehamilan ada perubahan pada ibu, baik bentuk fisik maupun mental atau psikologis ibu.

Tanda Dari Kehamilan

Tanda Dari Kehamilan
Tanda Dari Kehamilan
Tanda Dari Kehamilan

Menurut para ahli, tanda-tanda kehamilan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu, tanda-tanda kehamilan yang dicurigai (seseorang masih dianggap hamil jika tanda-tanda itu ada di tubuhnya), tanda-tanda kehamilan yang tidak pasti, dan tanda-tanda kehamilan yang jelas. Karakter-karakter ini adalah:

Tanda-tanda dugaan kehamilan

Amenore (tidak menstruasi)
Pada wanita yang tidak hamil, proses normal terjadi di organ reproduksi mereka di ovarium, di mana pertumbuhan dan perkembangan folikel de Graff dan pematangan sel telur terjadi. Selama kehamilan, sperma yang telah membuahi sel telur menghambat pembentukan folikel De Graff, sehingga otot-otot dinding rahim, yang biasanya hadir pada wanita yang tidak hamil, hancur dan menetap pada wanita hamil, sehingga hasil konsepsi Rahim dapat tertanam di dinding otot.

Baca Juga :   Metamorfosis Kupu-Kupu

Mual dan Muntah
Mual dan muntah yang berlebihan pada wanita hamil disebabkan oleh peningkatan produksi estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini dapat menstimulasi produksi asam lambung yang berlebihan, menyebabkan mual dan muntah.

Mengidam
Seringkali ada kondisi pada wanita hamil di mana banyak keinginan diungkapkan oleh wanita hamil. Keinginan ini disebut mengidam

Payudara Luka dan Ttegang
Seperti halnya mual dan muntah, efek hormon estrogen dan progesteron dalam kombinasi dengan hormon somatomamotrofin dapat menstimulasi penumpukan lemak, air, dan garam di payudara wanita. Ini mengencangkan payudara. Kemudian ketegangan pada payudara dapat menekan pembuluh darah dan menyebabkan rasa sakit

Sering Buang Air Kecil
Ini dipengaruhi oleh dorongan janin untuk mendorong ke depan, memaksa saluran kemih dan seolah-olah kandung kemih terisi dengan cepat. Ini akan merangsang otak untuk segera mengarahkan kandung kemih untuk mengeluarkan urin yang terkumpul.

Sembelit
Tindakan hormon progesteron menyebabkan gangguan gerakan peristaltik usus (gerakan yang memicu impuls pada isi usus) dan dengan demikian menjadi gangguan pergerakan usus.

Pigmentasi Kulit
Ada pigmentasi (pewarnaan kulit). Selain itu, ada yang menghitam di sekitar areola (sekitar puting susu).

Epulis
Kondisi ini terjadi karena hipertrofi jaringan gusi (perkembangan sel tinggi) yang dapat terjadi selama kehamilan.

Varises
Munculnya varises juga disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh, yang menyebabkan munculnya vena, terutama di sekitar betis, di sekitar alat kelamin, di sekitar kaki dan di sekitar dada.

Cara Mengetahui Usia Kandungan

Usia kehamilan seseorang dapat diperkirakan dengan beberapa cara. Ini memudahkan ibu untuk selalu menjaga keadaan kehamilan. Metode-metode ini adalah:

Gerakan Janin Pertama
Gerakan janin pertama biasanya dirasakan ketika janin berusia 16 minggu selama kehamilan.

Baca Juga :   Kingdom Monera – Definisi, Ciri, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Manuver Leopold
Ini adalah metode untuk mengetahui bagian-bagian janin, posisi janin, dan posisi janin. Metode ini dilakukan dengan kedua tangan pemeriksa dilakukan pada perut wanita hamil.

Rumus Naegle
Formula ini digunakan untuk menentukan taksiran ulang tahun (HPL). Formula ini dapat digunakan jika wanita hamil tahu kapan hari pertama haid terakhirnya tiba. Formula ini adalah hari pertama dari tanggal menstruasi terakhir, tanggal, bulan dan tahun dan tahun lainnya.

Fundus Uterus Tinggi
Untuk mengukur tinggi fundus, alat ukur atau pita pengukur dapat digunakan. Pengukuran dimulai dari ujung pubis ke titik paling menonjol di perut ibu. Jika hasilnya 25 cm, perkiraan usia kehamilan adalah 25 minggu dan seterusnya.

USG
Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan mesin ultrasound yang dapat mendeteksi gerakan janin dan lainnya.

Perkembangan Kandungan

Perkembangan Kandungan
Perkembangan Kandungan

Setelah telur dan sperma bertemu di ovarium atau di ovarium wanita, embrio terbentuk, yang kemudian bermigrasi ke dinding rahim (pengembara). Singkatnya, perkembangan janin dari trimester 1 ke trimester 3 adalah sebagai berikut:

Bulan ke 1
Embrio mulai membentuk lapisan yang berguna bagi lapisan untuk kemudian berkembang menjadi organ. Jantung janin mulai berdetak dan tulang belakang mulai terbentuk.

Bulan ke 2
Pertumbuhan jari-jari dan juga bentuk mata sudah mulai tampak. Selain itu, kaki dan kelopak mata juga akan berkembang, dan sel-sel saraf di otak akan terhubung bulan ini.

Bulan ke 3
Jika kita mengukur tinggi fundus bulan ini, kita dapat mengasumsikan bahwa tinggi janin sekitar 2,4 inci. Ekor dorsal yang muncul perlahan mulai menghilang dan wajah bayi terlihat jelas.

Bulan ke 4
Pada bulan ke-4, kelopak mata bayi terus berkembang sehingga mereka dapat dibuka dan ditutup. Semakin banyak, kaki dan lengan janin juga berkembang.

Baca Juga :   Kingdom Archaebacteria

Bulan ke 5
Berat bayi adalah 10 hingga 11 ons dan ia menumbuhkan rambut halus (Lanugo) di seluruh permukaan tubuh bayi.

Bulan ke 6
Pertumbuhan dan pertumbuhan bayi dan bayi bulan ini semakin terlihat. Berat badan bayi telah tumbuh sekitar 2 kg dan ukuran tubuhnya sekitar 22 cm.

Bulan ke 7
Secara umum, bayi mengubah posisi dari posisi kepala ke gerakan ke bawah yang lambat pada bulan ke-7 kehamilan. Paru-paru bayi terus berkembang.

Bulan ke 8
Bulan ini, rambut halus (Lanugo) yang telah tumbuh di seluruh permukaan tubuh bayi perlahan menghilang.

Bulan ke 9
Bulan ini, bayi akan berkembang untuk siap dilahirkan ke dunia. Berat bayi biasanya sekitar 3,5 kg dan panjang tubuhnya sekitar 21 inci.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Kehamilan. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Kehamilan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar