Pisces Biologi

Posted on

Pisces Biologi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Pisces Biologi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dari total vertebrata dari sekitar 50.000 spesies, ikan adalah kelompok dengan spesies terbanyak atau spesies sekitar 25.988 spesies. Sebagian besar spesies ikan di bumi berada di laut karena air laut (air asin) lebih besar dari air tawar. Cabang biologi yang mempelajari ikan secara ilmiah dengan fokus pada taksonomi dan aspek-aspek lain disebut ictologi atau ichthyology.

Apa Itu Pisces ?

Pisces atau Ikan adalah jenis vertebrata yang poikilotermis (berdarah dingin), fitur di tulang belakang, insang (operculum) dan sirip dan tergantung pada air di mana ia hidup sebagai media kehidupan. Ikan memiliki kemampuan untuk bergerak di dalam air dengan menggunakan sirip untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga mereka tidak tergantung pada arus atau pergerakan air yang disebabkan oleh arah angin.

Ciri Dari Pisces

Ikan adalah vertebrata atau vertebrata. Hampir semua spesies ikan memiliki ciri-ciri umum. Apakah ada yang lebih spesifik tergantung pada jenis ikan.

Fitur umum adalah:

  • Sirip bergerak (payudara, punggung, perut, anal, ekor)
  • Untuk membiakkan telur
  • Memiliki kerangka endoskopi
  • Bernafas dengan insang
  • Dengan sisik yang licin dan berlendir
  • Hewan poikiloterm
  • Edisi-nya ditutup sekali
  • Morfologi terdiri dari kepala, dada, tubuh dan ekor
  • Gerakan dengan berenang di air dengan sisik, sela-sela, sirip dan ekor.
  • Hidup di air tawar dan air asin (laut).

Struktur Tubuh Ikan Atau Pisces

Struktur Tubuh Ikan Atau Pisces
Struktur Tubuh Ikan Atau Pisces

Struktur tubuh ikan umumnya adalah kepala yang berisi otak dan organ indera, dengan 10 saraf kranial yang memiliki garis lateral untuk merasakan tekanan air.

Baca Juga :   Mengetahui Fungsi Trakea Pada Hewan Serangga Dan Manusia

Otot-otot mengelilingi rongga dengan organ-organ internal dan otot-otot ekor setelah hubungan anal. Ikan adalah hewan yang membutuhkan refleks gerakan yang cukup untuk menghindari musuh dan menangkap mangsa. Selain itu, ikan harus memiliki keseimbangan yang baik. Oleh karena itu, otak kecil berkembang lebih cepat pada ikan karena otak kecil adalah pusat keseimbangan dan pergerakan.

Ikan juga umumnya memiliki kulit yang berguna untuk menutupi tubuh, bersama dengan sekresi dari kelenjar berlendir yang mengurangi gesekan tubuh ikan dengan air. Hampir semua spesies ikan memiliki sisik yang terkait dengan sekresi kelenjar lumbar untuk membentuk lapisan yang hampir kedap air. Ikan juga memiliki sirip yang berguna untuk menentukan arah dan lokasi berenang.

Tidak lepas dari saluran udara, ikan menggunakan insang berupa daun tipis berwarna merah muda dan selalu lembab. Setiap insang terdiri dari lengkungan insang diperkuat, serangkaian sisir insang dan dua benang insang lunak. Setiap filamen insang memiliki banyak pembuluh darah dan filamen insang ini memiliki luas permukaan yang besar untuk pertukaran gas. Bagian luar insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler darah.

Sistem peredaran darah ikan terdiri dari sinus jantung dan paranasal. Jantung ikan terdiri dari dua kamar, atrium dan ventrikel, yang terletak di belakang insang. Sinus Venosus adalah struktur penghubung dalam bentuk rongga yang mengumpulkan darah dari vena dan terbuka di ruang depan jantung.

Antara atrium dan ventrikel jantung adalah lipatan yang menjaga aliran darah ikan ke arah yang sama. Sirkulasi darah ikan disebut sirkulasi darah tunggal, karena darah dari insang bersirkulasi langsung di dalam tubuh dan kemudian memasuki jantung. Darah beredar melalui jantung hanya di jalan jantung, mengalir ke seluruh tubuh dan kemudian kembali ke jantung.

Baca Juga :   Puisi Baru Lengkap

Penjelasan Struktur Tubuh Ikan:

  • Integumen (kulit)
  • Mulut
  • Ada hidung cekung (fovea nasalis)
  • Ada rongga mulut (Cavum oris)
  • Mata tidak memiliki kelopak mata
  • Insang
  • Jantung yang terdiri dari 2 kamar (atrium dan ventrikel) miliki
  • Memiliki ekor

Reproduksi Pisces

Reproduksi Pisces
Reproduksi Pisces

Reproduksi ikan adalah seksual, memiliki organ genital jantan dan betina. Pemupukan bisa eksternal atau internal. Pembuahan luar terjadi dengan mengeluarkan gamet dari tubuh sebelum pembuahan. Pemupukan ini dilakukan oleh hewan air.

Pembuahan internal dilakukan oleh sperma, yang dimasukkan ke dalam sistem reproduksi wanita. Selanjutnya, pembuahan terjadi setelah pembuahan sel telur untuk membentuk membran pembuahan yang menghalangi masuknya sperma lainnya. Isi sperma hanya berfungsi untuk aktivasi sel telur.

Pemupukan terjadi untuk beradaptasi dengan kehidupan duniawi. Kebanyakan wanita dan pria adalah individu yang terpisah. Namun, beberapa keluarga pria dan wanita ditemukan pada individu sehingga mereka dapat melakukan pembuahan sendiri (hemaphrodite).

Ada 3 (tiga) jenis proses reproduksi di kelas ikan, yaitu Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar. Sebagian besar ikan berkembang biak secara ovipar, yaitu mereka membuahi ikan betina di luar tubuh dengan mengeluarkan telur dari tubuh ikan betina dan dibuahi oleh ikan jantan. Ketika dibuahi, sperma melewati lubang yang disebut mikrofil ke dalam oosit (sel telur). Biasanya, hanya sperma yang bisa menembus sel telur. Sel telur yang dibuahi disebut zigot. Contoh ikan yang berkembang biak melalui Ovipar adalah salmon, belut, tuna, dan karper.

Dalam reproduksi vivipar, pembuahan terjadi di tubuh ikan betina. Perkembangan keterikatan dalam tubuh wanita didukung oleh plasenta, yang memasok embrio dengan nutrisi.

Dalam reproduksi ovovivipar, perbedaannya adalah bahwa embrio tidak menerima nutrisi langsung dari induknya, tetapi dari kuning telurnya, dan tubuh ibu bertindak sebagai tempat berlindung. Setiap embrio berkembang dalam telurnya sendiri. Ketika telur sudah cukup besar, ia retak di tubuh ibu dan bayi keluar dari vagina ibu. Contoh ikan yang berkembang biak secara vivipar dan ovovivipar adalah Lamniformes (hiu). Lebih sedikit anak yang diproduksi daripada mereka yang berovulasi.

Baca Juga :   Lompat Jauh

Ada dua organ reproduksi ikan, yaitu genitalia eksternal (lubang saluran telur) dan alat kelamin (saluran telur, ovarium).

Pada ikan yang dibuahi secara eksternal, betina tidak membentuk cangkang telur, tetapi telur tidak berkembang kecuali dibuahi lebih lanjut. Sel telur dikeluarkan oleh Kloka, sehingga pembuahan terjadi di dalam air. Telur yang dibuahi terlihat seperti bintik-bintik putih kecil yang menetas dalam 24-40 jam. Sementara pada ikan yang dibuahi secara internal seperti hiu dan pari, telur diproduksi oleh indung telur dan kemudian masuk ke saluran tuba untuk pembuahan dan kemudian diikat ke rahim hewan betina.

Klasifikasi Dari Pisces

Ikan memiliki banyak spesies yang diperkirakan mencapai 40.000 spesies. Untuk memudahkan pengenalan, spesies diklasifikasi berdasarkan karakteristiknya.

Saat mengelompokkan ikan, ada perbedaan taksonomi antara ikan. Beberapa ahli seperti Weber telah mengklasifikasikan ikan ke dalam satu kelas ikan, yang lain menjadi superclass.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pisces Biologi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pisces Biologi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar