Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja

Posted on

Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja- Solusi, Penyelesaian, Kerangka Lengkap- Hallo sahabat pembaca semua yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja- Solusi, Penyelesaian, Kerangka Lengkap.

Pidato biasanya disampaikan di depan umum, dengan membawa teks pidato. Umumnya untuk mengajak para pendengar mau ikut dan melakukan sebuah tindakan.

Untuk lebih lengkapnya mari kita simak uraiannya di bawah berikut ini!

Pengertian Pidato

Pidato ialah sebuah kegiatan bicara di depan khalayak yang di sampaikan dengan cara orasi supaya bisa mengeluarkan suatu pendapatnya dan memberikan sebuah gambaran kepada sesuatu hal. Pada umumnya, pidato ini bisa di bawakan oleh orang yang biasa memberikan orasi publik dan serta melakukan pernyataan terhadap suatu hal tertentu ataupun peristiwa tertentu yang penting sehingga perlu di perbincangkan.

Pada dasarnya, pidato ini sering di pakai oleh seorang pemimpin untuk menyampaikan orasinya di depan para orang – orang yang di pimpinnya.

Pidato juga merupakan sebuah ucapan dengan menggunakan susunan kata yang baik yang mana nantinya akan di sampaikan kepada masyarakat. Contohnya dari pidato biasanya yaitu : pidato hari kemerdekaan, pidato kepresidenan, pidato kepalasa madrasah, dan lain – lain.

Sebuah isi pidato yang baik serta kemampuan diri dalam menyampaikan pidato yang baik, maka akan memberikan suatu kesan yang positif tersendiri kepada orang – orang para pendengarnya.

Fungsi pidato

Adapun fungsi dari pidato yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk memudahkan sebuah komunikasi yang dengan bawahan ataupun atasan.
  2. Untuk memudahkan sebuah komunikasi terhadap sesama anggota organisasi.
  3. Untuk membuat suatu kondisi yang lebih kondusif, yang mana hanya perlu cukup 1 orang saja yang melakukan sebuah pidato atau orasi tersebut.
  4. Untuk memudahkan sebuah komunikasi

Jenis – Jenis Model Pidato

Bedasarkan jenisnya, terdapat empat macam jenis model pidato yang dapat kalian ketahui. Ke empat jenis tersebut adalah sebagai berikut :

1. Jenis Pidato Impromptu

Jenis pidato yang dilaksanakan dengan secara tiba – tiba tanpa adanya sebuah persiapan terlebih dahulu di dalam suatu acara. Contohnya ketika seseorang yang mendatangin sebuah acara pernikahan, kemudian orang tersebut anpa adanya sebuah pemberitahuan sebelumnya di suruh melakukan pidato di depan para pengunjung untuk mewakiliki tuan rumah. Pidato yang dilakukan orang tersebut dinamakan pidato jenis Impromtu.

Namun ada beberapa kelebihan yang di miliki dalam menyampaikan pidato secara Impromptu ini, yaitu :

  1. Jenis pidato Impromtu ini lebih bisa mengungkapkan sebuah perasaan pembicara yang sebenar – benarnya, sebab pembicara tidak akan memikirkan lebih dulu pendapat apa yang akan disampaikannya.
  2. Ide gagasan dan pendapatnya muncul secara tiba – tiba, sehingga akan lebih tampak segar dan lebih hidup
  3. Pidato impromtu ini akan memungkinkan kita untuk terus berpikir.
Baca Juga :   Washil Bin Atha (واصل بن عطاء)

Selain keuntungan atau kelebihan yang di paparkan di atas, ada juga beberapa kerugian atau kekurangan dalam menggunakan sebuah pidato Impromptu ini, yaitu :

  1. Dalam pidato Impromtu ini bisa menimbulkan sebuah kesimpulan yang mentah, sebab dasar pengetahuan yang belum cukup memadai.
  2. Jenis pidato impromtu ini bisa mengakibatkan sebuah penyampaian yang tersendat – sendat atau kurang lancar
  3. Ide gagasan yang disampaikan dapat terjadi “acak – acakan” bahkan bisa ngawur
  4. Disebabkan tidak adanya sebuah persiapan sebelumnya, maka kemungkinan bisa terjadi “demam panggung” yang cukup besar sekali. Maka, bagi yang belum berpengalaman sama sekali dalam berpidato, jenis pidato impromtu ini sebaiknya dihindari terlebih daripada sebab bisa – bisa kita akan tampak terlihat bodoh di depan orang lain.

2. Jenis Pidato Manuskrip

Pidato ini juga sering di sebut sebagai pidato dengan naskah. Sebab penyampaiannya menggunakan sebuah naskah teks. Oleh karenanya, jenis pidato ini lebih tepatnya di namakan membacakan naskah pidato.

Pidato manuskrip ini bisa di sampaikan apabila isi pidato tersebut harus sesui dengan tema dan tidak boleh ada kesalah sedikit pun. Contohnya, ketika seseorang di suruh untuk menyampaikan amanat pidato dari atasannya, dan lain – lain.

Ada beberapa keuntungan ketika menggunakan sebuah Pidato Manuskrip ini, di antaranya adalah :

  1. Pemilihan kata – katanya bisa memilik yang sebaik mungkin sehingga dapat menyampaikan suatu arti yang tepat dan pernyataan yang gamblang atau jelas
  2. Dalam sebuah pernyataan bisa dihemat, sebab manuskrip bisa disusun di ulang kembali,
  3. Kefasihan dalam bicara bisa dicapai sebab kata – katanya sudah disiapkan terlebih dahulu
  4. Hal – hal lain yang di anggap ngawur atau menyimpang maka bisa dihindari
  5. Manuskrip bisa diterbitkan atau diperbanyak lagi.

Selain keuntungan, ada juga kerugian dalam menggunakan Pidato Manuskrip ini, diantaranya yaitu :

  1. Interaksi atau komunikasi dengan pendengar pidato akan berkurang sebab pembicara tidak berbicara langsung terhadap mereka
  2. Pembicara tidak bisa melihat pendengar dengan baik sebab dia lebih berkonsentrasi kepada teks pidato yang dia baca, sehingga yang terjadi akan kehilangan gerak dan nampak bersifat kaku,
  3. Umpan balik antar pendengar tidak bisa mengubah, dan memperpendek ataupun memperpanjang suatu pesan
  4. Pembuatan naskahnya akan lebih lama.
Baca Juga :   Soal Geografi Kelas 12

3. Jenis Pidato Memoriter

Pidato jenis ini adalah pidato dalam bentuk naskah sudah di tulis dalam naskah atau manuskrip kemudian di hafalkan sebelum di sampaikan ke publik. Yang terpenting dalam pidato ini adalah, bahwa kita haru memiliki kemampuan menghafala yang baik.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan Pidato Memoriter ini diantaranya adalah :

  1. Kata – kata dalam pidato bisa dipilih sebaik – baiknya sebab mempunyai sebuah persiapan yang baik,
  2. Apabila menghapalnya maka pidato yang di sampaikan akan lancar,
  3. Terakhir, gerak dan suatu isyarat dapat diintegrasikan dengan melakukan uraian.

Namun ada juga kerugian dalam menggunakan jenisPidato Memoriter ini yaiut :

  1. Pidato akan tampak datar dan bahkan monoton, sehingga pembicara menjadi tidak akan mampu menarik perhatian banyak dari para hadirin,
  2. Komunikasi pendengar menjadi akan lebih berkurang sebab pembicara beralih kepada usaha untuk mengingatkan kata – kata
  3. Memerlukan banyak sekali waktu untuk melakukan sebuah persiapan.

4. Jenis Pidato Ekstempore

Jenis pidato ini yang paling baik dan paling sering digunakan oleh para juru pidato yang sudah berpengalaman atau sudah mahir. Di dalam menyampaikan pidato jenis ini, para juru pidato hanya menyiapkan beberapa garis – garis besarnya saja (out-line) serta pokok – pokok pembahasan sebagai penunjangnya (supporting points).

Namun, pembicara tidak akan berusaha untuk mengingat ataupun menghapalkan kata demi katanya. Out-line atau garis besar ialah hanya merupakan suatu pedoman untuk mengatur gagasan yang ada di dalam pikirannya.

Adapun keuntungan yang bisa di dapat dalam menggunakan Pidato jenis Ekstempre ini adalah :

  1. Antara komunikasi pendengar dan pembicara akan lebih baik lagi sebab para pembicara akan berbicara langsung kepada pendengar atau khalayak
  2. Pesan yang di sampaikan bisa lebih fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan serta penyajiannya bisa lebih spontan.

Namun ada juga beberapa kerugian dalam menggunakan Pidato jenis Ekstempre ini yaitu :

  1. Membutuhkan sebuah latihan yang lebih intensif bagi para pembicaranya
  2. Kemungkinan adanya penyimpangan daripada garis besar akan sangat besar
  3. Kefasihan dapat terhambat sebab kesukaran memilih suatu kata – kata

Tujuan Pidato

Pada dasarnya pidato di lakukan bertujuan untuk :

  1. Memberikan pengaruh kepada orang lain supaya mau mengikuti kemauan pembicara dengan suka rela.
  2. Memberikan suatu pemahaman ataupun suatu informasi kepada orang lain.
  3.  Membuat orang lain mejadi senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain akan merasa senang dan puas dengan ucapan yang oleh pembicara sampaikan.
Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 7

Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Gambar hanyalah ilustrasi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Yang saya horamati bapak dan ibu guru serta yang saya hormati teman – teman semuanya. Pertama – tama marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kepada kehadirat Alloh subhanahuwata’alaa, Tuhan Yang Maha Esa sebab kita bisa berkumpul di tempat ini dengan dalam keadaan badan yang sehat.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan berpidato mengenai pergaulan remaja. Masa remaja ialah sebuah masa pertumbuhan namun pada masa ini remaja masih tergolong labil dan ingin di kenal oleh banyak orang. Biasanya dengan menggunakan cara yang digunakan ialah sebuah cara dengan membentuk kelompok atau geng tertentu, salah satunya ialah seperti geng motor.

Masa remaja adalah masa yang mana masih lebih menuruti ego nya dari pada keselamatan dirinya sendiri, sekarang ini banyak kita jumpai anak – anak muda sekolah dari mulai SMP hingga SMA melakukan kegiatan balapan liar sepeda motor, kegiatan ini dapat dibilang sebuah hobby oleh mereka, merasa penuh tantangan dan juga sportifitas yang mereka rasakan.

Namun tidak jarang dari kegiatan yang mereka lakukan itu bisa berawal dari rasa iseng saja atau persaingan untuk mendapatkan sesuatu hal, mengadu sebuah kecepatan motor yang mereka miliki, berebut pacar atau uang yang bisa dipertaruhkan sebagai tujuan daripada kegiatan lomba liar itu. Usia muda merupakan masa yang belum sampai untuk berpikir dua kali akan sebab dan akibatnya apabula terjadi pada diri mereka. Peranan orang tua sangatlah penting dan diperlukan supaya anaknya tidak mengikuti balapan liar, yaitu bisa juga dengan cara mengarahkan anaknya agar dapat lebih menghormati dan menghargai dirinya sendiri

Hadirin yang berbahagia saya di sini berharap bahwa kita sebagai remaja generasi penuerus bangasa, tidak usah ikut yang namanya geng motor, kita harusnya mengisi waktu kita dengan hal – hal yang lebih bersifat positif.

Terakhir, dari pidato yang saya sampaikan tadi maka dapat disimpulkan bahwa geng motor adalah sebuah kelompok yang membuat onar dan kita tidak perlu ikut bergabung dengan geng motor tersebut.

Demikianlah pidato dari saya, jika terdapat kata yang salah mohon dimaafkan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Demikianlah pembahasan makalah tentang pidato dan contoh pidato tentang kenakalan remaja. Semoga bermanfaat ya …

Baca juga :