Makalah

Posted on

Makalah- Penelitian, Mahasiswa, Singkat, Pendidikan, Lengkap- Hallo sahabat pembaca semua yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kita akan membahas makalah tentang materi Makalah, seperti meliputi pengertiannya, ciri – cirinya, fungsinya, dan lainnya.

Makalah banyak ragam contoh, seperti makalah mahasiswa, makalah penelitian, makalah pendidikan, dan liannya.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak ulasan materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Makalah

Makalah yaitu sebuah karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu topik tertentu yang juga tercakup dalam sebuah ruang lingkup pengetahuan. Suatu makalah akan mempunyai sebuah sistematika yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu : pertama pendahuluan, kedua studi kepustakaan, ketiga pembahasan dan terakhir kesimpulan atau sebuah penutup.

Makalah merupakan salah satu dari syarat untuk menyelesaikan tentang studi ataupun sebuah suatu makalah yang mempunyai sebuah karakteristik tersendiri, yaitu : suatu hasil dari suatu kajian literatur ataupun laporan pelaksanaan dari suatu kegiatan, dan mendemonstrasikan suatu pemahaman tentang permasalahan teoritik yang mana sedang dikaji di dalam sebuah makalah, serta menunjukkan kemampuan terhadap isi dari asal berbagai sumber yang digunakan serta mendemonstrasikan berbagai dari sumber informasi dan makalah dalam suatu satu kesatuan sintesis yang utuh.

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, kita juga perlu mengetahui tentang pengertian makalah ini menurut para Ahli, yaitu :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian makalah ialah terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Pengertian makalah ialah tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
  2. Pengertian makalah ialah sebuah karya tulis tentang pelajaran atau mahasiswa sebagai bentuk laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah ataupun perguruan tinggi.

Menurut Panuti Sudjiman

Menurut Panuti Sudjiman bahwa makalah adalah suatu karangan prosa, bukanlah cerita rekaan yang membicarakan suatu pokok tertentu. Yang mana biasanya makalah ini dapatdimuat di dalam suatu majalah atau koran, akan tetapi makalah bisa juga merupakan sebuah buku antologi.

Menurut W. J. S. Poerwodarminto

Menurut W. J. S. Poerwodarminto bahwa makalah adalah sebuah uraian tertulis yang mana membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan demi mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Menurut Tanjung Dan Ardial

Menurut Tanjung Dan Ardial bahwa makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang memuat tentang suatu pemikiran berkenaan dengan suatu masalah topik tertentu yang dituliskan secara sistematis dan runtut dengan disertakan suatu analisis yang logis dan yang objektif.

Baca Juga :   Soal Tema 3 Kelas 1

Menurut Surakmad

Menurut Surakmad bahwa makalah adalah semua jenis tugas kuliah yang mana harus diselesaikan dengan secara tertulis, serta baik sebagai sebuah hasil pembahasan buku maupun juga sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok masalah.

Ciri – Ciri dari Makalah

Berikut di bawah ini terdapat beberapa macam ciri – ciri dari suatu makalah, yaitu terdiri dari :

  1. Makalah adalah sebuah hasil dari suatu kajian literatur  atau sebuah laporan pelaksanaan dari suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan dari suatu perkuliahan
  2. Menunjukkan tentang suatu pemahaman mahasiswa mengenai suatu permasalahan teoritik yang akan dikaji atau sebuah kemampuan mahasiswa di dalam menerapkan suatu prosedur, teori atau prinsip yang berhubungan dengan suatu perkuliahan.
  3. Menunjukkan tentang suatu kemampuan pemahaman terhadap sebuah isi dari berbagai macam sumber yang bisa digunakan
  4. Menunjukkan sebuah kemampuan dalam meramu dari berbagai sumber informasi dan dalam satu kesatuan sintesis  yang utuh.

Fungsi dari Makalah

Berikut dibawah ini adalah beberapa dari fungsi makalah, yaitu terdiri atas :

  1. Berfusi untuk melatih penulis supaya mampu menyusun seubah karya ilmiah ayng secara benar serta cermat
  2. Berfungsi untuk memperluas tentang suatu wawasan keilmuan bagi para penulisnya
  3. Berfungsi untuk memberikan sumbangan tentang pemikiran baik berupa suatu konsep teoretis ataupun konsep praktis
  4. Berfungsi memberikan sebuah manfaat bagi perkembangan mengenai sebuah konsep keilmuan maupun tentang pemecahan suatu masalah

Jenis – Jenis dari Makalah

Berikut dibawah ini adalah terdapat beberapa jenis-jenis makalah, terdiri atas :

Makalah Ilmiah

Makalah Ilmiah ialah sebuah makalah yang pada umumnya digunakan untuk sebuah karya tulis hasil studi ilmiah yang berisi tentang suatu masalah dan pembahasan. Perlu diperhatikan lagi bahwa apabila dilihat dari segi prinsip dan prosedur ilmiahnya, oleh karena itu makalah ilmiah dapat menyerupai sebuah laporan penelitian yang sederhana. Makalah ilmiah umumnya ditulis sebagai suatu saran untuk pemecahan masalah secara ilmiah. Sudah barang tentu, bagi penulis makalah ilmiah juga memerlukan sebuah studi keperpustakaan dan ini merupakan terlihat pada revisi yang biasa dicantumkan.

Makalah tentang Kerja

Makalah tentang kerja ialah pada umumnya dibacakan pada sebuah seminar makalah kerja yang mana disampaikan dalam suatu bentuk argumentasi di dalam suatu hasil penelitian. Di dalam makalah kerja yang sering dibacakan ini harus terdapat sebuah masalah. Seorang penyampai makalah kerja ia akan memasukkan asumsi dan sebuah hipotesis untuk menjawab tentang suatu masalah. Berdasarkan isi dari makalah inilah, timbulah suatu diskusi.

Makalah Kajian

Makalah kajian ialah sebuah stilah dari karya tulis ilmiah yang dipakai untuk sebuah karya tulis ilmiah yang mana berfungsi memberikan saran pemecahan suatu masalah yang kontroversial dengan tanpa maksud untuk dibaca di dalam suatu seminar.

Baca Juga :   Doa Setelah Adzan Dan Iqomah Serta Artinya

Struktur Penyusunan Makalah

Dibawah ini penulis sajikan beberap struktur yang ada dalam sebuah makalah yaitu :

  1. Cover
  2. Abstrak
  3. Daftar Isi
  4. Kata Pengantar
  5. Pendahuluan
  6. Latar Belakang Masalah
  7. Rumusan Masalah
  8. Tujuan Pembahasan
  9. Isi
  10. Kesimpulan
  11. Saran
  12. Penutup
  13. Daftar Pustaka

Contoh Makalah

Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur


Disusun oleh :
Ahmad Arifin NPM : 1111010033

Logo Institusi

IAIN LAMPUNG
2013

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur senantiasa penulis panjatkan atas keharibaan Allah SWT yang mana telah memberikan segala rahmat serta karunia-Nya terhadap penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tentang sebuah Karya Ilmiah yang sederhana ini tepat pada waktunya dengan judul yaitu : “Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur”.

Penulis juga sangat berharap bahwa sebuah Karya Ilmiah yang sedrhana ini dapat memberikan sebuah informasi tentang suatu Dampak Negatifnya atau Positifnya dari Internet yang dapat diperoleh oleh anak yang masih dibawah umur.

Penulis juga sangat menyadari sepenuhnya bahwa karya ilmiah yang sederhana ini masih sangat jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik beserta saran yang dapat diberikan oleh semua pihak yang mana bersifat membangun akan selalu penulis harapkan dan akan penulis terima dengan baik demi kesempurnaannya dari karya ilmiah ini.

Lampung Timur, 12 April 2020

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………….
KATA PENGANTAR ………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN …………………………
A. Latar belakang …………………………………..
B. Perumusan masalah …………………………..
C. Tujuan penelitian ………………………………
BAB II PEMBAHASAN
Kesadaran Masyarakat Terhadap Dampak Internet Bagi Anak yang masih Berusia dibawah umur …………………………………………
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………………
B. Saran ……………………………………………………………

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Jaringan internet saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk penemuan yang terbaik dalam kisah sejarah perkembangan ilmu teknologi di Dunia. Karena, seluruh umat manusia yang tinggal berada diantara belahan bumi manapun bisa saling melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Canggihnya penemuan yang diberikan oleh sebuah jaringan Internet ini menghasilkan umat manusia dapat mengaksesnya dengan mudah bahkan bisa dilakukan oleh segala jenjang usia, baik itu anak muda, remaja bahkan hingga anak yang masih usianya masih sangat dibawah umur yang juga bisa mengakses Internet dengan sangat mudah.

Sehingga, media Internet ini sangat sering dimanfaatkan oleh kaula anak – anak yang usianya masih dibawah umur, di mulai dari main game sampai menonton sebuah vidio dan film di youtube. Dengan suatu keadaan emosi anak yang di rasa masih “sangat labil”, internet malah justru mempunyai suatu pengaruh yang cukup sangat besar.

B. Rumusan Masalah

Apakah dampak negatif dari internet terhdap usia anak yang berada dibawah umur ?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui dan serta menjelaskan terhadap orang tua anak tentang dampak negatif dari Internet untuk anak yang usianya masih berada dibawah umur.

Baca Juga :   Contoh Tentang Teks Eksposisi

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur

Sekarang ini Internet adalah sebuah kebutuhan pokok yang menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Internet banyak dipakai oleh para orang dewasa, remaja, anak – anak serta anak usia yang masih dibawah umur. Dan akan tetapi masih banyak anak yang belum dapat menggunakan internet yang sesuai menurut kebutuhannya mereka.

Oleh sebab ini lah di haruskan bagi setiap orang tua agar harus mengetahui tentang apa saja dari dampak negatif yang dapat mereka peroleh untuk anak dari penggunaan mereka seperti Internet yang tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

Berikut dibawah ini bahwa terdapat beberapa jumlah dampak negatif yang disebabkan oleh Internet, yaitu : diantaranya ialah sebagaimana berikut ini :

  1. Dapat menimbulkan suatu rasa keinginan pada anak untuk melakukan suatu tindakan kekerasan, karena hal ini bisa terjadi kalau anak sudah menonton vidio kekerasan yang dilakukan oleh seperti orang dewasa.
  2. Dapat membuat anak menjadi merasa keasikan untuk menjelajahi dunia internet hingga membuatnya lupa akan waktu terutama waktu belajar.
  3. Dapat menjadi sebuah kecanduan game online.
  4. Dapat menambah sebuah kasus bullying atau ejekan yang sering terjadi serta dilakukan oleh para anak – anak ayng berusia dibawah umur.
  5. Biasanya terdapat vidio porno yang bisa dengan mudah untuk diakses di internet serta hal ini bisa merusak pola pikir pada anak.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Munculnya internet didalam hidup kita ini memang dirasa sangat membantu dalam kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan. Sebuah internet bisa membantu anak dalam melakukan semua aktivitasnya. Akan tetapi, terdapat banyak sekali suaut dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet tersebut.

B. Saran

Suatu dampak negatif yang dihasilkan oleh sebuah internet ialah bukan suatu hal yang bisa di anggap sepele. Karena, apabila sudah terlalu parah, maka hal ini akan menyebabkan suatu hal – hal yang tidak di inginkan oleh setiap orang tua.

Oleh sebab itu, suatu peran orang tua akan sangat penting sekali dan juga sangat diperlakukan sekali didalam keadaan seperti ini. Orang tua itu juga harus senantiasa mengawasi anak putra – putrinya didalam memanfaatkan sebuah internet.

DAFTAR PUSTAKA

https://rumusbilangan.com/contoh-karya-ilmiah-2/

Demikianlah pembahasan makalah tentang Makalah. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: