Trakea

Posted on

Trakea – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Trakea yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Trakea sering disebut di Indonesia sebagai batang tenggorokan. Bentuk trakea pada makhluk hidup dapat bervariasi, tetapi pada manusia deskripsi seperti dijelaskan di atas.

Apa Itu Trakea ?

Trakea adalah bagian dari sistem pernapasan tubular dengan panjang 10 hingga 16 cm dan diameter sekitar 20 hingga 25 mm. Trakea berada di belakang laring dan di depan bronkus, berbatasan dengan kerongkongan. Trakea adalah organ yang digunakan untuk mengarahkan udara ke dalam bronkus dan alveoli sambil menyaring debu atau kotoran di udara.

Fungsi Dari Trakea

Ini adalah penjelasan mengenai fungsi trakea :

Bagian sistem pernapasan
Trakea adalah tabung untuk bernafas setelah laring berada. Udara yang melewati trakea akan masuk ke bronkus, kemudian alveoli baru masuk ke paru-paru. Di dalam trakea, debu atau kotoran yang masih ada di udara akan disaring oleh trakea, selain itu, trakea juga dapat menjaga kelembaban udara dan ikut serta dalam pengaturan suhu udara karena mengandung lendir (lendir) di dalam mukosa.

Berperan dalam pencernaan
Bagian dari dinding trakea menyatu dengan dinding organ pencernaan, kerongkongan. Secara tidak langsung, trakea juga memiliki pengaruh pada proses pencernaan pada manusia. Jika trakea tersumbat, ini juga merupakan masalah untuk esofagus yang menempel. Misalnya, jika jalan napas terhambat, Anda akan menelan dan batuk sehingga trakea dan kerongkongan terbebas dari puing-puing yang telah terhambat.

Baca Juga :   Klasifikasi Monera

Mencegah benda berbahaya masuk ke paru-paru (perlindungan saluran pernapasan)
Ketika benda asing memasuki trakea melalui saluran udara, ia terjebak dan melekat pada lendir trakea lengket. Kemudian benda atau bakteri dalam bentuk lendir atau cairan kental (karena mereka dicampur dengan lendir trakea) dikeluarkan dari tubuh.

Struktur Dari Trakea

struktur dan bagian trakea
Struktur Trakea

Trakea adalah tabung yang terdiri dari 16 hingga 20 cincin tulang rawan yang berbentuk seperti huruf C. Cincin-cincin ini tidak melingkar karena kedua ujungnya tidak melebur karena perlekatan esofagus ke dinding trakea. Selain itu, juga berguna untuk menjaga trakea terbuka dan membuat perubahan diameter kecil yang diperlukan untuk memungkinkan udara masuk dan keluar dengan mudah.

Cincin ini juga diikat bersama dengan Fribrosagewebe. Trakea kuat, tetapi juga elastis. Trakea terdiri dari epitel bersilia dengan sel piala. Sel ini menghasilkan lendir (cairan kental / lendir) yang. Mencapai paru-paru, struktur trakea membentuk dua cabang (kiri dan kanan) yang bersentuhan langsung dengan bronkus, alveoli, dan paru-paru.

Dinding trakea terdiri dari 3 lapisan, yaitu (dari dalam ke luar):
1. Lapisan dalam (selaput lendir)
Lapisan ini digunakan untuk menghasilkan lendir (lendir / cairan kental).

2. Lapisan tengah (jaringan otot dan tulang rawan)
Di tulang rawan ada di belakang, tempat trakea bertemu kerongkongan. Di sekitar cincin tulang rawan adalah jaringan otot dalam bentuk otot polos, yang fungsinya untuk mengendalikan gerakan pernapasan, untuk meredakan batuk atau refleks mati lemas. Ada juga struktur di lapisan ini yang menghubungkan cincin tulang rawan trakea dan menjaga kedua ujung cincin dalam keadaan optimal.

3. Lapisan luar Adventitia (Jaringan Penghubung)
Merupakan lapisan terluar dari jaringan ikat bersama. Lapisan ini juga mengandung pembuluh darah, saraf dan jaringan adiposa.

Baca Juga :   Sistem Endokrin Pada Manusia

Beberapa sumber lain juga menyebutkan bahwa dinding trakea memiliki 4 lapisan, jika demikian, ini berarti bahwa lapisan lain adalah lapisan submukosa yang setelah lapisan mukosa. Lapisan submukosa ini terdiri dari jaringan ikat yang terlihat terpisah dari epitel di lapisan mukosa. Lapisan ini mengandung banyak pembuluh darah dan saraf. Lapisan ini memungkinkan pergerakan mukosa trakea.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Trakea. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Trakea Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar