Contoh Spanduk

Posted on

Contoh Spanduk- Spanduk Makanan, Toko Baju, Seminar, Sekolah, Kampus, Unik, Dll- Hallo sahabat semua, pada kesempatan yang berbahagian kali ini, kita akan membahas makalah tentang Contoh Spanduk yang meliputi beberapa pengertian dari Spanduk, Ciri – ciri, Fungsi dan Contohnya lengkap.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini ya!

Pengertian Spanduk

Spanduk ialah sebuah media informasiyang biasanya dipasang dengan berbahan kain yang membentang dan umumnya di tempatkan pada tepi – tepi jalan yang berisikan tentang tulisan, gambar dan warna. Spanduk ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan alat seperti : mesin sablon, atau dengan menggunakan alat print digital.

Pada umumnya, spanduk ini dibagi menjadi dua macam, yaitu : spanduk berbahan kain dan spanduk berbahan MMT. Umumnya, spanduk berbahan MMT biasa digunakan atau di buat dengan menggunakan ala print digital, sedangkan spanduk kain biasa di buat menggunakan alat sablon, atau cat, atau juga bisa menggunakan alat print digital.

Ciri – Ciri dari Spanduk

Adapun beberapa ciri – ciri dari Spanduk ini antara lain adalahsebagai berikut :

  1. Ukuran spanduk biasanya adalah : 90 / 100 x 800 cm
  2. Kaliamatnya yang digunakan adalah pendek, dengan menggunakan tulisan yang besar
  3. Warnanya boleh menyolok atau kontras supaya mudah di lihat dan dibaca oleh orang – orang yang berlalu lalang
  4. Ditempatkan pada perempatan jalan ataupun pada tempat yang strategis biasanya sudah di sediakan tempat tersendiri.
Baca Juga :   Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6

Fungsi dari Spanduk

Spanduk memiliki sebuah fungsi sebagai alat media untuk mempromosikan sesuatu, baik itu tentang berupa produk ataupun jasa, kegiatan, sekolah dan lain sebagainya. Selain itu juga spanduk itu merupakan sebuah media promosi yang cukup murah dan cukup efektif.

Dengan kita melihat spnduk yang terlihat menarik, maka konsumen pun akan juga ikut tertarik untuk membeli sebuah produk atau jasa yang kita promosikan. Setidaknya ini sudah terbukti dengan banyaknya pasangan spanduk yang terpasang di pinggir – pinggir jalan raya kota bahkan desa. Spanduk itu memang menjadikan alat media promosi yang tak hanya murah namun juga efektif pada saat ini.

Manfaat dari Spanduk

Spanduk adalah alat yang dapat digunakan sebagai media penerangan atau penyampaian mengenai sebuah informasi baik itu informasi di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Spanduk juga memiliki sebuah ukuran yang cukup bervariasi tergantung pada kebutuhannya. Spanduk adalah hal yang dipilih oleh para penyampai pesan, sebab selain harga cetaknya yang cukup terjangkau juga sebab spanduk mempunyai ruang yang cukup luas untuk informasi yang akan kita sampaikan.

Kelebihan dan Kelemahan Spanduk

Ada beberapa macam kelebihan dan kekurangan dari spanduk ini, yaitu :

1. Kelebihan Spanduk

  1. Proses pembuatannya yang tidak terlalu sulit dan rumit
  2. Jangkauan terhadapan pemasangan yang sangat luas dan frekuensi yang tinggi
  3. Mencakup semua jenis target audience atau orang – orang
  4. Penempatannya yang mudan dan fleksibel secara geografis
  5. Mudah untuk diingat sebelum membeli sebuah produk
  6. Dapat mudah dilihat berulang – ulang oleh para pengguna jalan

2. Kekurangan Spanduk

  1. Kurangnya ke efektifan sebab sebagian dari masyarakat yang lewat di depan spanduk tersebut
  2. Waktu pemasangannya yang secara singkat
  3. Tidak dapat menampilkan sebuah informasi yang cukup lengkap
  4. Jika frekuensinya terlalu tinggi, maka yang terjadi akan mengakibatkan kebosanan pada setiap target audience
  5. Dapat mengganggu keindahan lingkungan sekitar apabila terpasang tidak teratur

Macam – Macam Spanduk

Macam jenis spanduk terbagi menjadi 3 macam jenis yaitu : mulai dari yang harganya murah yakni seperti : spanduk spray atau semprot, sablon, dan yang terbaru adalah spanduk digital printing. Berikut adalah jenis – jenisnya :

Baca Juga :   Soal Seni Budaya Kelas 12

1. Spanduk dari Sablon

  1. Kelebihannya adalah : jika membuatnya sehari dapat memperoleh 100 spanduk
  2. Kelemahannya adalah : jika campuran catnya tidak pas taaran, maka yang terjadi akan mudah luntur apabila terkena air

2. Spanduk dari Spray

  1. Kelebihannya adalah : lebih bisa tahan dan kuat terhadap terhadap air
  2. Kelemahannya adalah : pengerjaannya yang lebih lama

3. Spanduk dari Printing

  1. Kelebihannya adalah : hasilnya dapat lebih bagus sebab dapat full color
  2. Kelemahannya adalah : harganya ayng masih tergolong cukup tinggi atau mahal

Cara Membuat Spanduk

Ada banyak jenis spanduk yang sudah terpasang di pinggir jalan atau di tempat mana pun yang startegis, namun juga bisa banyak yang belum memperhatikan ataupun mungkin melupakan bahwa masih banyak yang tidak mengidahkan hal – hal yang penting, yakni sebagai berikut :

Desain Spanduk

Desain daripada sebuah spanduk akan membuat orang semakin tertarik, apalagi desainnya yang sangat baik. Seorang jika sudah tertarik dengan desainnya, makaselanjutnya pasti akan trus membaca informasi yang ada di dalamnya.

Ukuran Spanduk

Ukuran spanduk hendaklah disesuaikan dengan tempat dimana spanduk itu akan di pasang. Intinya, hindarkanlah dari hal seperti ukuran spanduk kekecilan atau kebesaran dari tempat yang ada.

Tulisan Spanduk Terlalu Kecil

Tulisan ini akan menjadi sebuah kendala mana kala spanduk akan diletakkan diluar ruang yang mempunyai sebuah lalu – lintas yang cukup cepat. Sebab para pembaca tidak akan bisa sempat untuk membaca informasi yang ada di dalam spanduk tersebut secara detail.

Apabila ukuran tulisan itu besar ataupun kecil tetap harus memperhatikan dengan tujuan dimanakah spanduknya itu akan dipasang nantinya ini. Berbeda apabila spanduk itu akan ditempatkan di dalam sebuah ruangan, maka dimana pambaca tersebut akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk itu dengan tanpa khawatir akan cepat bergegas pergi.

Desain Spanduk Terlalu Padat

Meskipun ukuran spanduknya terbilang cukup besar, namun sebagai media informasi, banyaknya suatu informasi yang dituangkanuntuk disampaikan hendaknya secara ringkas supaya kalimat – kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang mana nantinya akan malah melelahkan mata para pembaca.

Baca Juga :   Pengertian Mufrodat (مُفْرَدَةٌ)

Apaila ada hal yang lebih mendetail secara yang akan disampaikan maka kalian bisa mencantumkannya ke dalam sebuah spanduk tersebut seperti : alamat website dan blog yang kalian miliki. Sebab pada alamat website ataupun blog tersebut kalian bisa banyak memberikan suatu keterangan yang lebih mendetail lagi.

Jenis Huruf Spanduk

Pemilihan mengenai huruf yang akan di gunakan pada spanduk hendaknya disesuaikan daripada kebutuhan, idealnya ialah yang digunakan hurufnya yang jelas tidak menggunakan huruf seperti : latin atau tulisan yang berukir. Akan tetapi ini semua kembali kepada kebutuhan, supaya informasi yang akan disampaikan itu cepat untuk diterima oleh para pembaca.

Dan juga “Sebaiknya dan harus diusahakan pilihlah huruf yang sifatnya bisa digunakan untuk keperluan personal ataupun komersial.

Kalian bisa mendownload dari internet dengan menggunakan sebuah kata – kata kunci, yaitu : “free font for commercial use”.

Foto untuk Spanduk

Kalau ingin menggunakan sebuah foto di dalam spanduk, maka pilihlah foto yang mana beresolusi tinggi atau besar supaya tidak pecah ataupun blur hasilnya nanti ketika spanduk sudah dicetak.

Besarnya resolusi foto tersebut dapat ditentukan kembali oleh suatu ukuran spanduk yang akan atau bisa digunakan. Lebih besarnya resolusi fotonya maka akan menjadi lebih baik, dan sebaiknya serta usahakan gunakan foto ataupun gambar yang orisinil untuk spanduk kalian.

Beberapa Contoh Spanduk

Dibawah ini akan penulis sajikan beberapa contoh spanduk yang sudah pernah di pasang, yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Spanduk Makanan

2. Contoh Spanduk Toko Baju

3. Contoh Spanduk Promosi Makanan

4. Contoh Spanduk Seminar

5. Contoh Spanduk Tour Wisata

Demikianlah pembahasan makalah kita tentang Conoh Spanduk. Semoga bermanfaat ya …

Baca juga :