Pamflet

Posted on

Pamflet- Contoh Pamflet Lomba, Seminar, Pengajian, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Pamflet beserta pengertian hingga contohnya.

Di dalam kehidupan sehari – hari kita tentunya sudah sering menemui pamflet yang terpasang di berbagai sudut jalan. Namun, masih benyak dari kita yang belum mengetahui nama dan fungsinya.

Untuk itu, mari kita simak uraian pembahasan materi dibawah ini, yang mana kita akan mengupas tuntas materi tentang Pambflet ini. Mari langsung saja kita menyimak!

Pengertian Pamflet

Pamflet ilah sebuah bentuk tulisan yang berisikan tentang sebuah informasi penting yang terdiri dari atas tulisan dan juga gambar serta di dalamnya yang umumnya dibuat pada sebuah selebaran dengan tanpad ijilid ataupun dibukukan.

Di dalam pamflet itu sendiri penggunaan gambar tidak harus selalu disertakan, sebab gambar hanya untuk dijadikan sebagai tambahan agar lebih menarik minat terhadap orang – orang dengan pamflet yang dtelah diberikan. Pamflet pada umumnya digunakan sebagai alat media promosi dari beberapa macam perusahaan untuk memperkenalkan sebuah produk mereka kepada masyarakat. Dan banyak yang menggunakannya sebagai bahan sarana promosi sebab selain bisa menghemat pengeluaran juga bisa mudah dibuat, hanya saja memerlukan keterampilan dalam berbahasa yang baik serta yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Namun selain seperti diatas, ada juga yang memberikan sebuah pengertian tentang pamflet yakni sebuah selebaran yang memuatkan tentang berbagai informasi – informasi tertentu yang khusus dibuat oleh para perusahaan atau organiasasi tertentu serta ditujukan kepada masyarakat umum atau luas.

Baca Juga :   Soal Biologi Kelas 11

Agar bisa menjangkau lebih lagi banyak orang, maka pamflet itu pada umumnya dibagikan ataupun dipasang pada tempat – tempat umum dengan ukuran pada umumnya yaitu : A3 (21 x 29,7 cm) ataupun A4 (29,7 x 42 cm).

Tujuan Adanya Pamflet

Setiap suatu hal yang di buat pasti memiliki tujuan. Adapun yang termasuk tujuan dari pamflet itu sendiri adalah berbeda – beda antara pamflet satu dengan pamflet yang lain. Contohnya seperti pamflet tentang promosi produk maka akan berbeda dengan pamflet yang berisikan tentang keagamaan.

Namun, pada intinya tujuan adanya pamflet adalah untuk menarik masyarakat.

Ciri – Ciri dari Pamflet

Adapun ciri – ciri yang ada pada pamflet ini adalah sebagai berikut :

  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang jelas, singkat dan berisi.
  2. Maknanya lebih besifat persuasif, yaitu berisikan tentang sebuah ajakan untuk membeli suatu produk atau mentaati himbauan sesuatu.
  3. Tulisan ditulis dengan keadaan yang jelas agar mudah dibaca.
  4. Hal – hal yang akan disampaikan pada umumnya mengenai tentang suatu hal-hal yang bersifat baru atau dengan bahasa lain terupdate.

Jenis – Jenis dari Pamflet

Adapun macam atau jenis – jensi dari pamflet yaitu banyak diantaranya adalah :

Pamflet Politik

Adalah sebuah pamflet yang berisi tentang suatu hal-hal yang berhubungan sengan masalah politik seperti kalimat ajakan untuk memilih calon – calon pemimpin dan lain sebagainya.

Pamflet Pendidikan

Sebuah pamflet yang berisikan mengenai sebuah informasi – informasi penting seputar masalah pendidikan atau yang lainnya seperti : perlombaan, seminar, dan lain sebagainya

Pamflet Perniagaan

Adalah pamflet yang berisikan tentang informasi berkaitan dengan produk – produk disertai dengan kalimat ajakan agar mau membeli produk tersebut.

Pamflet Kegiatan atau Acara

Sebuah pamflet yang berisi tentang berbagai macam acara atau kegiatan seperti contohnya pentas seni, seminar dan lain sebagainya.

Tempat sebagai Penyebaran Pamflet

Ada beberapa macam tempat yang bisa di jadikan sebagai saranan untuk menyebarkan pamflet, diantaranya adalah :

  1. Pada sebuah perkumpulan sasaran yang terkait dengan isi pampflet.
  2. Umumnya dipasang pada tempat – tempat umum yang dimana orang biasa sering berkumpul, contoh seperti : pemberhentian angkot, bus, daerah pasar, daerah pertokoan atau warung, dan lain – lain.
  3. Di persimpangan sebuah jalan desa, kantor, kecamatan, kelurahan, sekolah, madding sekolah, dll.
Baca Juga :   Rumus VSCO Terbaru

Manfaat dari Pamflet

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari sebuah pamflet, di antaranya adalah :

  1. Dapat memberikan sebuah asuhan, contohnya mengenai kebutuhan untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah buang air kecil atau besa dan sebelum makan
  2. Dapat memberikan sebuah informasi, contohnya tentang pengolahan air di dalam suatu rumah tangga
  3. Dapat memberikan sebuah anjuran, contohnya pentingnya dalam mencuci makanan mentah serta buah – buahan dengan air bersih sebelum kita makan
  4. Dapat mengingatkan kembali tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar
  5. Dapat memberikan sebuah informasi mengenai dampak, contohnya informasi tentang dampak membuang sampah sembarangan

Kelebihan dan Kekurangan Pamflet

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan serta kekurangan dari penggunaan pamflet, yaitu :

Kelebihan pada Pamflet

Pamflet sangat cocok sebagai sarana alat untuk melakukan promosi suatu usaha dengan menggunakan bahasa dan desain yang menarik sehingga bisa menarik perhatian masyarakat.

Kekurangan pada Pamflet

Memerlukan kemampuan khusus seperti ketelitian, kreatifitas dan kesabaran dalam mendesain model pamflet. Sebab kesalahan sedikit pada desain pamflet akan berakibat fatal.

Cara Membuat suatu Pamflet

Berikut dibawah ini kita sajikan beberapa cara dalam membuat pamflet, yaitu sebagai berikut :

  1. Pilihlah sebuah subyek yang akan bisa dijadikan sebuah topik, misalnya seperti : imunisasi, kesehatan, sanitai, dan lain – lain
  2. Kumpulkan sebuah tulisan mengenai beberapa topik serta aturan.
  3. Gambarkan daam sebuah pesan tersebut bisa dalam bentuk gambar, atau sketsa dan juga penempatan tulisannya.
  4. Illustrasi harus sesuai dan berhubungan erat dengan garis besar, dan terpadu serta dengan menggunakan penampilan secara keseluruhan.
  5. Diberikan sebuah tambahan slogan yang sangat mencolok.
  6. Buatlah ke dalam bentuk warna yang kontras sehingga akan jelas terbaca. Kombinasikan sebuah warna yang tidak bisa bertabrakan yaitu misal : biru tua dengan merah, hitam dengan kuning, merah dengan kuning, biru tua dengan biru muda.
  7. Hindarkanlah dari sebuah embel – embel yang tidak penting
  8. Gambar bisa yang sederhana
  9. Perhatikanlah jarak hurufnya, kemudian bentuk dan ukurannya
  10. Test dan ujilah sebuah poster kalian pada teman, apakah pamflet sudah dapat mencapai maksudnya ataukah belum.
Baca Juga :   Pengertian XAMPP

Tips – Tips untuk Membuat Pamflet

Berikut dibawah ini ada beberapa tips untuk membuat pamflet, yaitu :

1. Isi

Isi materi berupa tulisan dalam bentuk leaflet atau pamflet yang jelas, menarik dan tidak bertele – tele atau muter-muter

2. Layout

Desai layout atau posisi pada tata letak berkaitan erat dengan sebuah bentuk leaflet atau pamflet seperti : bentuk teks, ukuran, isi, gambar dan lainnya.

3. Typografi

Typografi adalah bentuk font yang sesuai dengan tema.

4. Gambar

Desain gambar bisa dalam bentuk model bitmap ataupun vector yang juga sangat berpengaruh besar dalam oenentu atau mendukung sebuah unsur seni dalam sebuah leaflet ataupun pamflet.

5. Warna

Pemilihan warna yang tepat bisa sesuai dan menambah energi dalam leaflet ataupun pamflet, sebab setiap warna mempunyai sebuah makna dan arti yang cukup berbeda.

Contoh Pamflet

Contoh Pamflet Politik

Contoh Pamflet Pendidikan

Contoh Pamflet Perniagaan

Contoh Pamflet Kegiatan atau Acara

Demikianlah pembahasan makalah tentang Pamflet. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :

Related posts: