Fungsi Kantung Empedu

Posted on

Fungsi Kantung Empedu – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah Fungsi Kantung Empedu yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Pada manusia, panjang organ ini sekitar 7-10 cm, berwarna hijau gelap dan berhubungan dengan hati dan duodenum. Kantung empedu menghasilkan sekitar 600 – 1200 ml empedu setiap hari. Dalam keadaan normal, 97% dari cairan ini adalah air.

Apa Itu Kantung Empedu ?

Kantung empedu adalah organ kecil dalam bentuk pir, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan empedu (cairan, yang memainkan peran penting dalam proses pencernaan).

Struktur Dari Kantung Empedu

Struktur Dari Kantung Empedu

Kantung empedu memiliki tiga lapisan pelindung / pelapis:

  • Permukaan luar adalah peritoneum visceral
  • Bagian tengah adalah dinding serat otot polos. Kontraksi otot ini dipengaruhi oleh sistem hormonal tubuh sendiri dan menyebabkan empedu dikeluarkan ke dalam duodenum.
  • Permukaan dalamnya adalah selaput lendir yang terdiri dari sel-sel epitel silinder yang memiliki bentuk silinder

Tubuh kantong empedu dibagi menjadi tiga bagian, fundus, tubuh dan leher

  • Fundus Vesikafelea, bagian terakhir dari kantong empedu.
  • Corpus Vesikafelea, bagian dari kantong empedu yang berisi empedu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jumlah cairan yang diproduksi dalam satu hari adalah sekitar 600 – 1200 ml, jumlah produksi ini dapat meningkat karena tubuh mencerna lemak.
  • Leher kandung empedu adalah saluran melalui mana lateks cair / gallehalige ke dalam Vesikafelea corpus lewat.
  • Ductus cysticus, saluran yang membentuk saluran empedu bersama dengan saluran hati (coleus duct). Panjang saluran ini sekitar 3 cm.
  • Ductus hepaticus, saluran yang meninggalkan kantong empedu, bersama dengan saluran kistik, membentuk saluran empedu (duct coleus).
  • Saluran koledokus (saluran empedu) adalah saluran yang menyampaikan empedu ke duodenum.
Baca Juga :   Struktur Tubuh Echinodermata

Proses Terbentuknya Cairan Empedu

Komposisi jus empedu

  • 97% air
  • 0,7% garam empedu
  • 0,2% pigmen empedu
  • Kolesterol 0,06%
  • 0,7% garam anorganik
  • Asam lemak 0,15%
  • 0,1% lesitin
  • 0,1% lemak
  • Sisanya adalah Alkli fosfatase

Proses Pembentukan Jus Empedu
Empedu disebabkan oleh kerusakan hemoglobin eritrosit yang lama atau rusak. Hemoglobin kemudian dipecah menjadi hemin, besi dan globin. Besi dan globin disimpan di hati dan dikirim ke sumsum tulang untuk menjadi komponen utama dalam pembentukan sel darah merah baru. Heme dikonversi menjadi bilirubin dan biliverdin.

Kedua zat pewarna untuk empedu, empedu begitu biru kehijauan. Zat warna teroksidasi menjadi urobilin. Urobilin kemudian diekskresikan melalui kotoran dan urin di luar tubuh. Zat ini mewarnai kotoran dan urine berwarna kekuningan.

Fungsi Dari Kantung Empedu

Sebenarnya, fungsi kantong empedu selalu terkait dengan fungsi empedu yang tersimpan di dalamnya, jadi kami akan menjelaskan beberapa fungsi kantong empedu:

Membantu Pencernaan Lemak
Lemak memiliki sifat yang tidak larut dalam air, sehingga hanya cairan esensial yang bisa mencerna lemak. Ketika makanan masuk ke duodenum, itu menyebabkan hormon dan sinyal saraf di kantong empedu yang menyebabkan kontraksi otot, menyebabkan empedu jatuh ke dalam duodenum untuk mencerna makanan.

Membantu Penyerapan Lemak
Empedu juga membantu menyerap lemak melalui tubuh dengan memfasilitasi jalannya melalui membran sel.

Membantu Dengan Limbah
Pigmen disebabkan oleh pemecahan sel darah merah dan kolesterol adalah komponen yang tidak diperlukan dan dapat berbahaya bagi tubuh. Sekarang komponen ini dikeluarkan dari tubuh dengan bantuan empedu. Kolesterol dihilangkan dengan mengikat kolesterol dan lesitin untuk membentuk akumulasi kecil yang disebut misel yang kemudian dihilangkan oleh feses.

Membantu Menghilangkan Racun dari Hati
Empedu mengandung antioksidan yang bisa menghilangkan racun. Bahan-bahan seperti obat-obatan, bakteri atau virus yang tidak dapat diterima oleh tubuh disaring selama berhari-hari, dan kemudian hati mengirimkannya melalui empedu.

Baca Juga :   Struktur Otot

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Fungsi Kantung Empedu. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Fungsi Kantung Empedu Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar