Bronkus

Posted on

Bronkus – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Bronkus yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Pada dasarnya paru-paru kanan dan kiri memiliki karakteristik yang berbeda. Karena itu, paru-paru kanan memiliki ukuran lebih besar dan bobot lebih besar.

Apa Itu Bronkus ?

Bronchus adalah cabang dari trakea yang terletak di belakang trakea dan di depan paru-paru. Setelah memasuki paru-paru, cabang bronkus menjadi bronkiolus lagi. Cabang bronkus kanan menjadi 3 lobus bronkus, bronkus kiri menjadi 2 lobus bronkus. Bronki membawa udara ke paru-paru.

Struktur dan Bagian – Bagian Dari Bronkus

Struktur dan Bagian - Bagian Dari Bronkus
Struktur dan Bagian – Bagian Dari Bronkus

Ada beberapa divisi bronkial di setiap lobus paru-paru. Pertama, bronkus lobar adalah cabang bronkus utama, 3 di paru-paru kanan dan dua di paru-paru kiri.

Bronkus lobar kemudian bercabang lagi menjadi bronkus segmental, 10 di paru-paru kanan dan total delapan di paru-paru kiri. Bronkus segmental kemudian bercabang kembali ke bronkus subsegmental.

Bronkus subsegmental ini dikelilingi oleh jaringan ikat, pembuluh darah, limfatik, dan pembuluh saraf. Bronki segmental kemudian bercabang menjadi bronkiolus yang tidak memiliki tulang rawan di dindingnya.

Dinding bronkial terdiri dari beberapa lapisan, yaitu:

Lapisan Epitel
Jaringan epitel yang membentuk bronkus adalah epitel silinder bersilia. Sel ini menghasilkan lendir (cairan kental seperti lendir) yang menyerap kotoran dan melindungi saluran udara dari benda asing.

Lamina Propia (jaringan ikat)
Lamina Propia adalah lapisan yang berfungsi sebagai dasar untuk sel-sel epitel (tempat sel-sel epitel menempel). Lamina propia adalah lapisan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, saraf dan limfatik.

Baca Juga :   Contoh Soal IPA Kelas 6

Lapisan Otot
Lapisan oto yang membentuk bronkus terdiri dari otot polos. Sifat otot polos adalah pekerjaan yang tidak terkendali atau tidak disengaja. Lapisan otot mengatur lebar dinding bronkus dan dapat memenuhi fungsi ini dengan berkontraksi atau mengendurkan otot.

Lapisan Tulang Rawan
Tulang rawan adalah tulang utama yang membentuk sebagian besar jalan napas. Tulang rawan di bronkus diatur seperti jaringan yang tidak teratur. Tulang rawan memiliki sifat lunak dan elastis sehingga dapat memfasilitasi gerakan pernapasan. Bronkiolus, yang merupakan cabang bronkus, tidak lagi memiliki tulang rawan.

Fungsi Bronkus

Menyaring Udara Bernafas
Seperti yang telah disebutkan, lapisan epitel bronkial memiliki sel yang dapat menghasilkan lendir, dan dinding sel bronkial juga memiliki silia (rambut halus). Ini menyebabkan kotoran atau serpihan memasuki saluran udara untuk memasuki paru-paru.

Basahi Udara Pernafasan
Selain menghilangkan komponen berbahaya, lendir yang diproduksi oleh sel piala di jaringan epitel juga dapat menghasilkan atau memanaskan udara pernapasan.

Sebagai saluran udara antara atmosfer (lingkungan eksternal) dan alveoli. Hubungkan leher (trakea) dan paru-paru.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Bronkus. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Bronkus Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar