Kesetimbangan Benda Tegar

Posted on

Kesetimbangan Benda Tegar – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kesetimbangan Benda Tegar yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Kesetimbangan menunjukkan keadaan yang dalam keadaan seimbang atau seimbang. Sedangkan benda tegar adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan benda yang bentuk atau geometrinya selalu dipertahankan meski diberi gaya. Karena itu dapat dikatakan bahwa benda tegar mempertahankan bentuknya melalui aksi kekuatan.

Apa Itu Kesetimbangan Benda Tegar ?

Kesetimbangan Benda Tegar adalah salah satu bahan untuk belajar fisika dan kimia di sekolah menengah. Keseimbangan benda-benda yang kaku terkait erat dengan apa yang disebut impuls. Berdasarkan kata-kata yang membentuk keseimbangan tubuh kaku, mereka terdiri dari dua bagian, yaitu keseimbangan dan tubuh kaku.

Ini adalah alasan mengapa bentuk selalu diperbaiki, meskipun gaya diberikan padanya. Ketika benda yang kaku mengalami gerakan translasi atau rotasi, bentuknya tidak berubah. Artinya, benda kaku memiliki bentuk tetap. Perbedaan kaku ini umumnya dalam bentuk padatan. Beberapa contoh benda yang dianggap terkandung dalam benda kaku adalah bola, kursi, meja dan lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, keseimbangan objek yang sama dapat diartikan sebagai objek yang berada dalam keadaan seimbang. Ekuilibrium benda tegar adalah keadaan di mana momentum benda tegar adalah nol.

Nilai nol menunjukkan keadaan keseimbangan di sini. Jika suatu benda kaku pada awalnya diam, ia tetap diam (sambil mempertahankan kondisinya). Namun, jika benda tegar pada awalnya dalam keadaan gerak dan gerakannya pada kecepatan konstan, maka benda tegar terus mengalami gerak kecepatan konstan.

Baca Juga :   Sejarah Hindu Budha di Indonesia

Persamaan Dalam Kesetimbangan Benda Tegar

Ekuilibrium benda tegar adalah keadaan di mana momentum benda tegar adalah nol. Dengan tubuh yang kaku, ada beberapa kesamaan. Persamaannya adalah sebagai berikut.

1. Momen Gaya

Momen gaya dapat didefinisikan sebagai gaya yang cenderung mengubah perbedaan arah sumbu. Persamaan yang digunakan untuk menghitung momen gaya ini adalah sebagai berikut:

t = Fd

dengan:

F = gaya yang bekerja pada objek (N). Gaya ini cenderung memutar benda
d = jarak (tegak lurus) dengan gaya ke sumbu (m)
τ = torsi atau momen gaya (Nm)

2. Penejelasan Gaya

Dalam keseimbangan benda tegar, ada distribusi gaya yang diamati berdasarkan sumbu, sumbu x dan sumbu y.

Persamaan untuk memecah gaya adalah sebagai berikut:

Fx = F cos 
Fy = F sin 

Dengan: θ adalah sudut yang dibentuk antara gaya F dan sumbu x.

3. Gerakan Translasi dan Rotasi

A. Ketentuan Keseimbangan translasi

Ketentuan Keseimbangan translasi

B. Ketentuan Kesetimbangan Rotasi

Ketentuan Kesetimbangan Rotasi

4. Gesekan

Persamaan ini mengunakan gaya gesek untuk tentukan gerak gesekan yakni :

Gesekan
Gesekan

5. Gravitasi

Persamaan berikut digunakan untuk menentukan gravitasi:
W = m
dengan:
W = berat suatu benda (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m / s2)

Klasifikasi Dari Kesetimpangan Bneda Tegar

Klasifikasi Kesetimpangan Bneda Tegar

Kekakuan benda tegar dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Klasifikasi jenis-jenis keseimbangan diperkirakan dengan mempertimbangkan posisi pusat gravitasi ketika terjadi gangguan kecil. Pusat gravitasi dapat naik, jatuh dan tetap pada posisi semula ketika gangguan kecil dihilangkan.

Berdasarkan penjelasan ini, keseimbangan benda tegar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Keseimbangan Stabil
Keseimbangan yang stabil adalah keseimbangan yang dialami oleh tubuh yang kaku. Ketika gangguan kecil atau kekuatan diterapkan pada objek dan kemudian dihapus, objek kembali ke posisi seimbang semula.

Baca Juga :   Suku Banyak, Pengertian, Grafik, Sifat Dan Contohnya

2. Keseimbangan Tidak Stabil
Keseimbangan yang tidak stabil adalah keseimbangan yang dialami oleh tubuh yang kaku. Jika gangguan kecil atau kekuatan yang diberikan pada objek kemudian dihilangkan, objek tidak akan kembali ke posisi seimbang semula, bahkan jika meninggalkan gangguan.

3. Keseimbangan Netral
Keseimbangan netral juga disebut keseimbangan indiferensi. Keseimbangan ini adalah keseimbangan yang dialami oleh benda tegar di mana objek bergerak ketika gangguan atau kekuatan kecil diberikan pada suatu objek. Namun, ketika gaya dilepaskan, objek kembali ke posisi seimbang lainnya.

Contoh Soal Dari Kesetimpangan Benda Tegar

Contoh masalah dengan benda tegar adalah.

Berdasarkan gambar, Farid memanjat tali. Kemudian Farid berhenti di satu posisi (lihat gambar di Bawah ini). Tentukan ketegangan tali ketika Farid memiliki massa 50 kg.

Contoh Soal Dari Kesetimpangan Benda Tegar

Diketahui:

Contoh soal

Answer:
Berdasarkan gambar, gaya dapat dibongkar. Distribusi gaya-gaya ini terlihat seperti ini:

Contoh Soal Dari Kesetimpangan Benda Tegar
Contoh Soal Dari Kesetimpangan Benda Tegar

Persamaan 1 dan 2 telah ditemukan, dengan kedua persamaan tersebut digunakan untuk mengakomodasi tekanan tali.

soal

Tegangan yang dialami oleh T1 adalah 300 N dan tegangan yang dialami oleh T2 adalah 400 N.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kesetimbangan Benda Tegar. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kesetimbangan Benda Tegar Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar