Pengertian Uterus

Posted on

Pengertian Uterus – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Pengertian Uterus yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Rahim manusia terletak di bawah pusat, tepat di daerah panggul. Fungsi utama uterus adalah hidup sebelum lahir dan melipatgandakan janin.

Apa Itu Uterus ?

Uterus atau Rahim, juga dikenal sebagai rahim, adalah organ kompleks yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Biasanya panjang rahim sekitar 7 – 7,5 cm, lebar 5 cm dan tebal 2,5 cm. Dinding uterus tebalnya sekitar 1,25 cm dan berat uterus biasanya sekitar 60 gram.

Fungsi Dari Uterus

  • Fungsi utama uterus adalah memproduksi dan mengembangkan sel telur melalui produksi sperma. Hasil pembuahan ini akan tumbuh dan menjadi janin. Ukurannya akan terus bertambah hingga saatnya melahirkan seorang anak.
  • Rahim juga berfungsi untuk mengalihkan darah ke organ seksual selama hubungan intim.
  • Rahim juga dapat membuat persalinan lebih mudah dengan berkontraksi otot.
  • Komponen-komponen rahim dapat membantu organ-organ lain, seperti kandung kemih, usus dan tulang panggul, melakukan fungsinya secara normal.

Bagian Serta Struktur Uterus

Bagian Serta Struktur Uterus
Bagian Serta Struktur Uterus

Sebagian besar komponen rahim adalah otot yang dapat rileks dan berkontraksi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di sekitarnya. Karena strukturnya, rahim dibagi menjadi beberapa bagian:

Fundus Uteri
Fundus uterus adalah bagian atas rahim, yang menyerupai kubah. Pada bagian ini pelepasan tuba Falloppi ke dalam rahim Selama kehamilan, tingkat fundus uterus dapat mengganggu usia kehamilan seseorang.

Tubuh Rahim
Rahim adalah bagian terpenting dan terbesar dari uterus. Korpus uterus tampak menyempit di bagian bawah dan terus membentuk serviks.

Baca Juga :   Struktur Paru Paru

Serviks
Serviks, atau yang sering kita sebut sebagai serviks, adalah tonjolan ke dalam vagina di dinding anterior uterus. Leher rahim terdiri dari dua bagian, yakni :

  • Pars vaginalis atau yang biasa disebut dengan serviks
  • Pars supravaginalis, bagian dari serviks yang berada di atas vagina

Kanal serviks disebut kanal serviks, kanal ini adalah kanal oval dengan panjang sekitar 2,5 cm. Pintu kanal serviks uterus disebut sebagai ostium uterus internal, sedangkan pintu vagina disebut sebagai ostium uterus eksternal.

Lapisan Dari Uterus

Dari dalam ke luar, dinding rahim dibagi menjadi tiga lapisan utama, yaitu :

Endometrium
Merupakan lapisan mukosa yang terdiri dari jaringan epitel, kelenjar dan banyak pembuluh darah. Konstituen epitel adalah lapisan epitel silindris, banyak kelenjar yang menghasilkan lendir di bagian ini.

Dua pertiga bagian atas uterus bagian dalam ditutupi oleh epitel silinder dengan selaput lendir, sementara sepertiga bagian bawah ditutupi oleh epitel pipih yang menyatu dengan epitel vagina.

Endometrium adalah lapisan yang memainkan peran penting selama proses menstruasi. Dinding endometrium ini rusak bersama dengan oosit matang yang tidak dibuahi selama menstruasi.

Miometrium
Myometrium adalah lapisan otot yang terdiri dari kumpulan otot polos. Bagian dalam lapisan ini terutama terdiri dari otot-otot lingkaran (otot), sedangkan bagian luarnya memanjang dan ada lapisan miring antara dua lapisan (lapisan terkuat dengan banyak pembuluh darah).

Myometrium adalah lapisan dinding rahim yang paling tebal. Fungsinya juga sangat penting selama pertumbuhan dan perkembangan janin.

Perimetrium
Perimetrium adalah lapisan terluar rahim, lapisan ini sering disebut sebagai lapisan serosa. Perimetrium adalah membran berlapis-lapis yang berlanjut ke perut dan disebut peritoneum.

Rahim sebenarnya mengapung di rongga panggul. Untuk mendukung posisi ini, ada beberapa jaringan ikat dan ligamen yang mendukungnya sehingga dapat diperbaiki dengan baik. Berikut ini beberapa jaringan ikat dan ligamen nya:

  • Kardinal Sinistrum Et Dekstrum adalah pita utama yang mencegah rahim tenggelam. Pita ini terdiri dari jaringan tebal yang membentang dari serviks dan bagian atas vagina ke sisi dinding panggul.
  • Pita sacral uterine Sinistrum et Dextum, pita ini berfungsi untuk memegang rahim sehingga tidak terlalu banyak bergerak ke kiri dan ke kanan.
  • Rotundum Ligament Sinistrum Et Dextum, ligamen yang menahan uterus pada tempatnya dari kiri ke fundus uterus kanan. Selama kehamilan, seorang wanita biasanya merasa sakit ketika berdiri di pangkal paha, karena ikatan pita rotunda ditarik.
  • Latum Ligament Sinistrum Et Dekstrum, Faktanya, pita ini tidak banyak membantu dalam fiksasi rahim, itu adalah bagian dari peritoneum, yang meliputi rahim dan tuba falopii dan dibentuk sebagai lipatan.
  • Infundibulo Pelvikum band, band yang memperbaiki tuba falopii dan ovarium ke dinding panggul.
Baca Juga :   Prinsip Kultur Jaringan

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Uterus. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Uterus Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar