Rumus Bunyi

Posted on

Rumus Bunyi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Rumus Bunyi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan,contoh secara lengkap.

Apa Itu Bunyi ?

Suara atau Bunyi ialah salah satu ilmu fisika yakni berbentuk gelombang, yang merupakan gelombang longitudinal yang dapat dirasakan oleh indera pendengaran.

Setiap getaran yang terjadi menyebabkan molekul udara atau partikel bergetar. Ini adalah penyebab dari suara. Objek yang menghasilkan suara disebut sumber suara. Suara termasuk gelombang longitudinal, yang berarti bahwa suara membutuhkan media untuk merambat. Sekarang media bisa menjadi padat, cair atau gas.

Suara menyebar dengan cepat dan tidak terlalu kuat. Karena itu, mereka perlu waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, jika ada lampu kilat, hal pertama yang kita ketahui adalah lampu kilat, maka bunyinya terdengar. Fenomena ini sekarang disebabkan oleh rambatan gelombang cahaya yang cepat, yang jauh lebih cepat daripada kecepatan rambat gelombang suara.

Syarat Bunyi Agar Bisa Terdengar

  • Untuk didengar, seseorang harus memenuhi ketentuan berikut:
  • Ada objek yang bergetar (ada sumber suara)
  • Ada media yang menyebarkan suara (baik melalui baja, cairan atau gas)
  • Pendengar dalam lingkup sumber audio
  • Frekuensi audio termasuk dalam frekuensi dapat didengar oleh penerima audio

Sifat Daasar Dari Bunyi

  • Diklasifikasikan sebagai gelombang, yang merupakan hasil dari rambatan getaran.
  • Membutuhkan perantara untuk menyebar (tidak bisa menyebar dalam ruang hampa).
  • Perambatan cepat dipengaruhi oleh media perambatan. Semakin tinggi densitas / kepadatan menengah, semakin cepat suara merambat.
Baca Juga :   Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat Dan Dampaknya

Kecepatan rambat gelombang Bunyi

Perambatan suara cepat yakni kecepatan rambat gelombang suara didapat dari hasiljarak tempuh pada saat transmisi suara. Ada dua hal penting yang pengaruhi kecepatan perambatan suara:

  • Kepadatan partikel dari media propagasi. Semakin dekat peringkat meidum, semakin cepat suara Anda. Bahwa ini berarti penyebaran suara dalam padatan lebih cepat daripada cairan.
  • Suhu media propagasi, semakin suhu tinggi media propagasi, semakin cepat suara akan menyebar, dan kebalikannya.

Rumus Cepat Perambatan Bunyi

Rumus Cepat Rambat Bunyi

Formula propagasi suara adalah sebagai berikut:

Atau jika panjang gelombang atau frekuensi, periode yang diketahui, rumus berikut dapat digunakan.

Sekarang dalam formula, ada dua kuantitas fisik yang terkait dengan perambatan suara, jarak dan waktu perjalanan. Berikut penjelasan tambahan jumlah :

Jarak (S)
Ruang adalah kuantitas dalam fisika yang menunjukkan bagaimana suatu benda mengubah posisinya di jalur yang diberikan. Satuan internasional (SI) jarak adalah meter (m), dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia, kita sering menggunakan satuan kilometer (kilometer), sedangkan di Amerika sering menggunakan satuan mil atau kaki. Hasil jarak dapat diperoleh dengan mengalikan kecepatan dengan waktu tempuh.

Penting untuk mengetahui bahwa “jarak” berbeda dari “perpindahan”. Spasi adalah angka yang menunjukkan bagaimana objek mengubah posisinya dengan mengukur jalur yang dilaluinya. Offset adalah angka yang menunjukkan bagaimana suatu benda mengubah posisinya terlepas dari panjang lintasan di lintasan.

Misalnya, mobil balap berjalan dari titik awal, mengelilingi lintasan dua kilometer, dan kemudian berhenti lagi di titik awal di posisi yang sama sebelum mulai menyeberang. “Jarak” yang ditempuh mobil adalah 2 kilometer, sedangkan offsetnya adalah 0 (karena ia mulai dan berhenti di lokasi yang sama).

Volume waktu perjalanan (t)
Waktu perjalanan adalah waktu yang diperlukan suatu objek untuk berpindah dari satu posisi ke posisi lain dengan kecepatan tertentu. Satuan internasional waktu perjalanan adalah yang kedua, sedangkan simbol yang digunakan untuk mewakili waktu perjalanan adalah t (huruf kecil). Waktu tempuh dapat diperoleh dari hasil pembagian jarak secepat.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Tunggal - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Frekuensi (f)
Secara umum, frekuensi adalah ukuran dari jumlah putaran suatu peristiwa pada waktu tertentu. Dalam gelombang suara, frekuensi adalah jumlah gelombang suara yang melewati titik tertentu dalam satu detik. Unit internasional yang digunakan untuk frekuensinya adalah Hertz (Hz). Simbol yang digunakan untuk mewakili frekuensi adalah f (huruf kecil).

Periode (t)
Biasanya, periode adalah waktu yang diperlukan untuk menjalankan acara. Dalam gelombang, periode adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Unit yang paling sering digunakan untuk periode adalah detik atau detik. Simbol yang digunakan untuk mewakili periode adalah T (huruf besar).

Panjang gelombang (λ)
Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh satu gelombang. Simbol yang digunakan untuk mewakili panjang gelombang adalah λ.
Untuk gelombang transversal, satu gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah. Untuk gelombang longitudinal, satu gelombang terdiri dari satu kerapatan dan satu jarak.

Resonansi dan Meditasi

Resonansi adalah getaran suatu benda akibat getaran benda lain sebagai katalis. Refleksi adalah peristiwa gelombang suara kembali ke data karena tabrakan dengan beberapa bidang yang dipantulkan. Prinsip berpikir yang sama dalam gelombang lain. Sudut yang terbentuk antara gelombang suara yang datang dengan garis normal adalah sudut yang sama yang dibentuk oleh gelombang suara yang dipantulkan dengan garis normal.

Klasifikasi Dan Berbagai Maca Jenis Bunyi

Berikut adalah jenis-jenis suara berdasarkan frekuensinya.

Suara ultrasonik
Suara ultrasonik adalah suara yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz. Suara ini tidak dapat didengar dan hanya dapat didengar oleh binatang tertentu seperti kelelawar dan lumba-lumba. Manusia sering menggunakan suara ini dalam banyak hal, seperti pengukuran kedalaman laut dan pemeriksaan USG di sektor kesehatan.

Baca Juga :   Hukum Kekekalan Energi

Suara vokal
Suara akustik adalah suara yang berkisar antara 20-20.000 Hz. Suara vokal adalah suara yang dapat didengar manusia dan banyak organisme lainnya.

Suara ultrasonik
Suara subsonik adalah suara yang kurang dari 20 Hz. Manusia dapat mendengar suara ini, dan beberapa hewan yang memiliki kemampuan untuk mendengar suara ini termasuk anjing, laba-laba dan kecoak.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Rumus Bunyi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Rumus Bunyi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar